Hikmah

JanuaryProsody_180131_0020

“Kau tahu arti dari Silver Lining tidak, Ryo?”

“Hm? Silver Lining? Lapisan perak?”

“HAH! Rupanya kau tidak tahu!”

“Hah?” Ryo mengangkat satu alisnya dengan heran. “Maksudmu makna dari Silver Lining itu?”

“Iya, itu!” Izanami berseru dari balik telepon.

“Maknanya itu ‘di balik setiap kisah pasti ada hikmah’, bukan?”

Izanami memajukan bibirnya. “Ah, ternyata kau sudah tahu. Tidak asik, ah!”

Ryo hanya tersenyum kecil mendengar gerutuan kekasihnya di telepon. “Memangnya kenapa kau menanyakan itu?”

“Aku hanya ingin mengujimu saja, sih, karena tadi ada adik kelas yang menyebutkan dua kata itu!”

“Lalu kau mencari tahu artinya?”

“Ya, ketika sudah sampai di rumah,” jawab Izanami dengan anggukan yang tidak dapat dilihat Ryo. “Dua kata itu aneh, dan sulit mencari tahu artinya.”

“Tapi kau bisa menemukannya, kan?”

“Tentu saja bisa!” Nada bangga terdengar dari Izanami. “Lalu aku penasaran, kira-kira kau tahu maksud dari dua kata itu atau tidak. Jadi, ya, aku bertanya saja!”

“Hmm.” Kali ini, Ryo mengangguk-anggukan kepalanya.

“Ryo-kun, menurutmu tiap kisah yang sudah kita lalui itu mempunyai hikmah tidak, sih?”

“Menurutmu bagaimana?”

“Aku kan sedang bertanya padamu! Kau jangan seenaknya mengembalikan pertanyaan pada si penanya!” Izanami kembali memajukan bibirnya.

Ryo mendesah. “Tentu saja ada.”

“Apa?”

“Ya, banyak.”

“Sebutkan!”

“Memangnya kau pikir aku mengingat semuanya?”

“Awalnya sih, begitu!”

“Hhh.” Ryo menggaruk pipinya. “Mustahil jika harus kusebutkan satu-satu.”

“Tapi aku ingin tahu hikmah apa saja yang berasal dari kisah kita!”

“Simpulkan sendiri saja.”

“Tidak mau! Aku ingin mendengar pendapatmu!”

“Kau selalu saja memaksa.”

“Memang!”

Jeda agak lama sebelum Ryo akhirnya membuka mulut.

“Tentu saja ada banyak hikmah dari tiap kisah dan pengalaman yang kita lakukan bersama. Aku tidak akan menyebutkan semuanya, tapi ada satu hal yang tidak pernah kulupakan. Hikmah yang kumaksud adalah adanya rasa bersyukur bisa terus bersamamu walau saat ini aku tidak bisa melihat wajahmu secara langsung.”

Setelah itu, keduanya tersenyum secara bersamaan.

 

#JanuaryProsody #JanuaryProsodyDay20

3 thoughts on “Hikmah

  1. “Aku bersyukur bisa ada bersamamu.” 😇

    Ralat dikit Mba’e, ungkapan lengkapnya itu “Every cloud has a silver lining”, tapi maknanya udah bener kok ;))

Leave a comment